Penulis / NIM
CICILIA YULIANTI SAENG / 441415048
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
DEASY NATALIA BOTUTIHE, S.Pd, M.Si / 0019128403
Abstrak
Cicilia Yulianti Saeng. 2019. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis SMA Terpadu Wira Bhakti Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi (Redoks). Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Astin Lukum M.Si dan Pembimbing II Deasy N. Botutihe, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing integrasi peer instruction terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Terpadu Wira Bhakti pada materi reaksi reduksi oksidasi (redoks). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian true experimental design dengan rancangan posttest-only control design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2 SMA Terpadu Wira Bhakti masing-masing kelas berjumlah 24 siswa. Model pembelajaran yang digunakan pada kelas eksperimen adalah pembelajaran inkuiri terbimbing integrasi peer instruction sedangkan pada kelas kontrol adalah pembelajaran konvensional. Instrument penelitian menggunakan tes objektif 20 nomor soal untuk mengukur penguasaan konsep siswa sedangkan tes esay 6 nomor untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik analisis data pada pengujian hipotesis menggunakan uji-t. dengan taraf signifikan = 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan untuk penguasaan konsep siswa thitung = 2,11 > ttabel = 1,68, sedangkan untuk perhitungan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh nilai thitung = 5 > ttabel = 1,68. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing integrasi peer instruction berpengaruh positif terhadap penguasaan konsep siswa dengan rata-rata kelas eksperimen sebesar 80,63 dan kelas kontrol sebesar 74,17, sedangkan rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen sebesar 83,3 dan kelas kontrol sebesar 62,5.
Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing Integrasi Peer Instruction, Penguasaan Konsep, Kemampuan Berpikir Kritis, Reaksi Reduksi Oksidasi (Redoks)
Download berkas