SKRIPSI

Penulis / NIM
CINDRA LAMUSU / 441415049
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr WENY JA MUSA, M.Si / 0022086611
Pembimbing 2 / NIDN
HENDRI IYABU, S.Pd, M.Si / 0009018002
Abstrak
Cindra Lamusu. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Media TTS terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hukum-hukum Dasar Kimia di SMA Negeri 1 Suwawa, Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Weny J.A Musa, M.Si. dan Pembimbing II Hendri Iyabu, S.Pd, M.Si. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media TTS terhadap hasil belajar siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia di SMA Negeri 1 Suwawa. Hasil belajar yang diukur adalah aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan rancangan posttest-only control design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 60 siswa yaitu sebanyak 30 siswa pada kelas eksperimen dan 30 siswa pada kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media TTS sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan LKPD. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil tesebut menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = 58 diperoleh Thitung 4,815 > Ttabel 1,672, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media TTS terhadap hasil belajar siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia di SMA Negeri 1 Suwawa dengan hasil aspek afektif kedua kelas dikategorikan baik, rata-rata kelas eksperimen 81,22 sedangkan pada kelas kontrol 71,78. Aspek psikomotor dari kedua kelas dikategorikan terampil, rata-rata pada aspek psikomotor antara kelas eksperimen 72,50 dan kelas kontrol adalah 63,61. Kata Kunci: TGT, TTS, Hasil Belajar, Hukum-hukum Dasar Kimia.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011