Penulis / NIM
CINDRA LAMUSU / 441415049
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr WENY JA MUSA, M.Si / 0022086611
Pembimbing 2 / NIDN
HENDRI IYABU, S.Pd, M.Si / 0009018002
Abstrak
Cindra Lamusu. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Berbantuan Media TTS terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hukum-hukum Dasar Kimia di SMA Negeri 1 Suwawa, Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Weny J.A Musa, M.Si. dan Pembimbing II Hendri Iyabu, S.Pd, M.Si.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media TTS terhadap hasil belajar siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia di SMA Negeri 1 Suwawa. Hasil belajar yang diukur adalah aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan rancangan posttest-only control design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 60 siswa yaitu sebanyak 30 siswa pada kelas eksperimen dan 30 siswa pada kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media TTS sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan LKPD. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil tesebut menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan dk = 58 diperoleh Thitung 4,815 > Ttabel 1,672, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan media TTS terhadap hasil belajar siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia di SMA Negeri 1 Suwawa dengan hasil aspek afektif kedua kelas dikategorikan baik, rata-rata kelas eksperimen 81,22 sedangkan pada kelas kontrol 71,78. Aspek psikomotor dari kedua kelas dikategorikan terampil, rata-rata pada aspek psikomotor antara kelas eksperimen 72,50 dan kelas kontrol adalah 63,61.
Kata Kunci: TGT, TTS, Hasil Belajar, Hukum-hukum Dasar Kimia.
Download berkas