Penulis / NIM
SITI INDASARI ANTULA / 441416001
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ISHAK ISA, M.Si / 0026056106
Pembimbing 2 / NIDN
DRA NURHAYATI BIALANGI, MSi / 0029056204
Abstrak
ABSTRAK
Siti Indasari Antula. 2020...."Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Titrasi Asam Basa Berbasis Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Ishak Isa, M.Si. dan Pembimbing II Dra. Nurhayati Bialangi, M.Si.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran materi titrasi asam basa berbasis model pembelajaran Predict-Observe-Explain yang valid untuk melatih keterampilan proses sains siswa SMA. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4D (Four D) namun, dalam pelaksanaannya penelitian ini terbatas hanya sampai pada tahap develop. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar validasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Temuan hasil penelitian, yaitu perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi buku siswa, RPP, LKPD, video pembelajaran, instrumen tes keterampilan proses sains dan lembar observasi keterampilan proses sains telah memiliki validitas dengan kategori sangat valid; Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran materi titrasi asam basa berbasis model pembelajaran Predict-Observe-Explain telah memenuhi syarat valid dari segi isi dan konstruk.
Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Predict-Observe-Explain
Download berkas