Penulis / NIM
ABD. WAHID RIZALDI AKILI / 441416003
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. LUKMAN ABDUL RAUF LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Abstrak
Abd. Wahid Rizaldi Akili. 2020.Ã���Ã..."Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Berbasis Model Pembelajaran Argument-Driven Inquiry untuk Melatihkan Keterampilan Argumentasi Ilmiah Siswa SMAÃ���Ã�ÂÂ. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si. dan Pembimbing II Dr. Lukman A. R. Laliyo, M.Pd., M.M.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran materi larutan elektrolit dan larutan non elektrolit berbasis model pembelajaran Argument-Driven Inquiry yang valid untuk melatih keterampilan argumentasi ilmiah siswa SMA. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4D (Four D) namun, dalam pelaksanaannya penelitian ini terbatas hanya sampai pada tahap develope. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar validasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Temuan hasil penelitian, yaitu perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi buku siswa, RPP, LKPD, video pembelajaran dan instrumen tes keterampilan argumentasi ilmiah telah memiliki validitas dengan kategori sangat valid; Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran materi larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis model pembelajaran Argument-Driven Inquiry telah memenuhi syarat valid dari segi isi dan konstruk.
Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Model Pembelajaran Argument-Driven Inquiry, Keterampilan Argumentasi Ilmiah
Download berkas