Penulis / NIM
ROSMAWATI S. BASIMAN / 441416005
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Abstrak
Rosmawati S.Basiman, 2020, "Deskripsi Kemampuan Kognitif Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kabila Pada Materi Larutan Penyangga", Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si dan Pembimbing II: Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif yang dimiliki siswa pada materi larutan penyangga pada SMA Negeri 1 Kabila. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kabila dengan sampel penelitian berjumlah 60 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen dalam bentuk tes pilihan ganda dua tingkat (two tier) kemampuan kognitif siswa pada materi larutan penyangga dan dokumentasi. Penelitian tentang deskripsi kemampuan kognitif di SMA Negeri 1 Kabila pada materi larutan penyangga. Persentase kemampuan aspek kognitif siswa dalam kategori tinggi (20%), kemampuan aspek kognitif siswa dalam kategori sedang (37%), dan kemampuan aspek kognitif siswa dalam kategori rendah (44%).
Kata Kunci: Kemampuan Kognitif, Larutan Penyangga.
Rosmawati S. Basiman, 2020. "A Description of Cognitive Skill of Students at Grade XI of SMA Negeri 1 Kabila in Buffer Solution Topic", Skripsi. Study Program of Chemistry Education, Department of Chemistry, Faculty of Mathematics and Natural Science, State University of Gorontalo. The principal supervisor ia Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si., and the co-supervisor ia Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd.
Research objective was to find out the Cognitive Skill of Students in buffer Solution Topic at SMA Negeri (State Senior High School) 1 Kabila. This research was qualitative descriptive research that was conducted at SMA Negeri 1 Kabila and involved 60 Students as samples. Data where collected by employing an instrument in the form of a two-tier multiple-choice rest on students' Cognitive skills in buffer Solution and documentation. It was a research on the description of Cognitive Skill at SMA Negeri 1 Kabila in the buffer Solution Topic. Research dinding revealed that 20% of students' Cognitive aspect was in high category, 37% of students' Cognitive aspect was in medium category, and 44% of students' Cognitive aspect was in low category.
Keywords: Cognitive Skill, Buffer Solution
Download berkas