Penulis / NIM
TARAFIANI LANTONG / 441416007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr YUSZDA K SALIMI, S.Si, M.Si / 0023037106
Pembimbing 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstrak
ABSTRAK
Tarafiani Lantong, 2020, Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Koloid Di SMAT Wira Bhakti Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Yuszda K. Salimi, M.Si dan Pembimbing II: Julhim S. Tangio, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa pada materi Koloid. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA SMAT Wira Bhakti Gorontalo yang berjumlah 4 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah XII IPA 1 dan XII IPA 2 yang di ambil secara purposive sampling (sampel bertujuan). Hasil penelitian menunjukkan gambaran pemahaman konsep untuk indikator menentukan perbedaan antara larutan, suspensi dan koloid dalam kategori tidak paham konsep dengan persentase sebesar 36%. Pada indikator membedakan fase terdispersi dan pendispersi siswa dalam kategori paham konsep dengan persentase sebesar 37%. Pada indikator mengelompokkan tipe/jenis koloid dalam kategori kurang paham konsep dengan persentase 40%. Pada indikator menjelaskan sifat-sifat koloid siswa dalam kategori kurang paham dengan persentase sebesar 43%. Pada indikator menjelaskan kegunaan koloid dalam kehidupan sehari- hari siswa dalam kategori kurang paham konsep dengan persentase 42%. Pada indikator membuat produk berupa koloid atau melibatkan prinsip koloid siswa dalam kategori kurang paham konsep dengan persentase 42%.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep Siswa, Koloid.
Download berkas