Penulis / NIM
ASNA UGE / 441416008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. OPIR RUMAPE, Drs., M.Si. / 0003095804
Abstrak
ABSTRAK
Asna Uge, 2020, Ã���Ã..."Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Pemahaman Konsep Reduksi Oksidasi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 SuwawaÃ���Ã� , Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr.Astin Lukum, M.Si dan Pembimbing II: Dr. Opir Rumape, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning dengan metode demonstrasi terhadap pemahaman Konsep reduksi oksidasi pada siswa Kelas X SMA Negeri 1 Suwawa. Penelitian ini merupakan penelitian True Experiment Design dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Suwawa dengan sampel penelitian berjumlah 54 siswa, untuk kelas eksperimen berjumlah 27 siswa dan kelas kontrol berjumlah 27 siswa. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan metode demonstrasi dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran discovery learning tanpa demonstrasi. Pengumpulan data menggunakan instrumen dalam bentuk tes pemahaman konsep siswa pada materi reduksi oksidasi. Analisis data menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis penelitian dengan taraf signifikan 5%. Nilai t hitung berdasarkan uji t adalah 4,42 yang lebih besar dari t tabel 1,67 pada dk= 52. yang berarti H0 ditolak atau menerima H1. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning dengan metode demonstrasi terhadap pemahaman konsep siswa.
Kata Kunci: Discovery Learning; Demonstrasi; Pemahaman Konsep; Reduksi Oksidasi.
Download berkas