Penulis / NIM
FADILA LINGGAMA / 441416012
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MARDJAN PAPUTUNGAN, M.Si / 0015026004
Abstrak
Fadila Linggama 2020, Pengaruh penggunaan aplikasi edmodo terhadap pemahaman konsep siswa pada materi hidrolisis garam. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I, Prof. Dr. Astin Lukum, M.Si dan Pembimbing II DRS. Mardjan Paputungan M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Edmodo terhadap pemahaman konsep siswa pada materi hidrolisis garam. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan desain nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan tehnik sampling purposive. Sampel penelitian untuk kelas ekperimen dan kelas kontrol masing-masing berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes objektif sebagai instru-men yaitu tes berisi tentang materi hidrolisis garam. Tehnik analisis data untuk menguji hipotesis penelitian adalah uji-t. Berdasarkan hasil statistika diperoleh nilai rata-rata post-tes kelas ekperimen dengan menggunakan aplikasi edmodo yaitu 79,73 sedangkan untuk kelas kontrol dengan menggunakan model pem-beajaran discovery learning nilai rata-rata post-tes yaitu 55,46. Hasil analisis data untuk pemahaman konsep siswa menunjukan bahwa dalam taraf signifikan dimana nilai thitung > ttabel atau 20,06 > 1,67 pada taraf nyata 0,05 yang berarti H1 diterima H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Penggunaan Aplikasi Edmodo terhadap pemahaman konsep siswa pada ma-teri hidrolisis garam.
Kata kunci: Aplikasi Edmodo, Blended Learning, Hidrolisis Garam
Download berkas