Penulis / NIM
RISMA MALAKAH / 441416014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. MARDJAN PAPUTUNGAN, M.Si / 0015026004
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. OPIR RUMAPE, Drs., M.Si. / 0003095804
Abstrak
ABSTRAK
Risma Malakah 2020, Pengaruh model pembelajaran IKRAR terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Drs. Mardjan Paputungan, M. Si dan Pembimbing II Dr. Opir Rumape, M. Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran IKRAR terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan rancangan Pretest Posttest Control Group Desain. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa yaitu sebanyak 15 siswa pada kelas eksperimen dan 15 siswa pada kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model Pembelajaran IKRAR (Inisiasi, konstruksi -rekonstruksi, aplikasi, dan refleksi) sedangkan kelas kontrol menggunakan model Konvensional. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen dengan bentuk tes tulis yang digunakan adalah tipe essay yang berjumlah 10 soal. Analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil dari analisis data tersebut diperoleh Thitung > Ttabel pada taraf signifikan 0.10 dengan dk=28, maka Ho ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran IKRAR terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga.
ABSTRACT
Malakah, Risma. 2020, The Effect of IKRAR Learning Model on The Students� Learning Outcomes in â�Å"Buffer Solution�Topic. Undergraduate Thesis, Chemistry Education Study Program, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Gorontalo, principal Supervisor: Drs. Mardjan Paputungan, M.Si, Co-Supervisor: DR. Opir Rumape, M.Si
This research was composed to identify the effect of IKRAR learning model on students learning outcomes in â�Å"buffer solution�topic. This Quasi-experimental research employed Pretest Posttest Control Group Design. 30 students were obtained as the research samples to be divided equally in numbers for experiment class with IKRAR model; Initiation, construction-reconstruction, application, and reflection), while the rest were in control class with conventional model. The research instrument was in the form of essay-type written tests with 10 items of questions, while the data analysis for hypothesis testing employed t-test. The data analysis findings acquired tcount > ttable with 0.10 rate of significant and dk = 28, which means H0 is denied and H1 is accepted. These results indicated the effect of IKRAR learning model on students learning outcomes in â�Å"buffer solution�topic.
Keywords: IKRAR Learning Model, Students� Learning Outcomes, Buffer Solution.
Download berkas