Penulis / NIM
KARMILA BILONDATU / 441416016
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NETTY INO ISCHAK, Dra., M.Kes / 0023026803
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MASRID PIKOLI, S.Pd., M.Pd / 0014087301
Abstrak
Karmila Bilondatu. 2020. ��Ã..."Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Interpelasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Hidrolisis GaramÃ��ÂÂ. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Netty Ino Ischak, M.Kes dan Pembimbing II Dr. Masrid Pikoli, M.Pd.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran Interpelasi yang valid untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi Hidrolisis Garam. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4D (Four D) yang terdiri dari Define, Design, Development, dan Disseminate. Namun dalam penelitian ini pengembangan produk dibatasi sampai tahap Development, yaitu validasi perangkat oleh tim expert. Instrument pengumpulan data terdiri dari lembar validasi terhadap perangkat pembelajaran yang terdiri dari lembar validasi isi dan lembar validasi konstruk. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Temuan hasil penelitian, yaitu perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi: RPP, buku siswa, LKPD, dan instrument evaluasi telah memenuhi kualitas suatu perangkat pembelajaran ditinjau dari validitasnya dengan kategori sangat valid berdasarkan validitas isi dan validitas konstruk. Rata-rata hasil persentase perangkat yang dikembangkan yaitu RPP 100%, buku siswa 90,02%, LKPD 83% dan instrument evaluasi 100%.
Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Model Pembelajaran Interpelasi, Pemahaman Konsep
Download berkas