Penulis / NIM
SUPARDI S. NOHO / 441416019
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr WENY J.A MUSA, M.Si / 0022086611
Abstrak
SUPARDI S NOHO, 2020. Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa Menggunakan Tes Three-Tier Multiple-Choice Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Skripsi, program studi pendidikan kimia, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd dan pembimbing II Prof. Dr. Weny J.A Musa, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persentase pemahaman konsep siswa menggunakan tes Three-Tier Multiple-Choice pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Instrument yang digunakan adalah tes Three-Tier Multiple-Choice. Subjek penelitian adalah kelas X IPA MAN 1 Kota Gorontalo dengan jumlah sampel sebanyak 20 siswa. Data diolah berdasarkan pola jawaban siswa yang dikelompokan kedalam kategori paham konsep, tidak paham konsep dan miskonsepsi (miskonsepsi 1,2, dan 3). Hasil penelitian menunjukan bahwa kategori pemahaman konsep siswa tergolong dalam kategori rendah dengan persentase sebesar 28%, tidak paham konsep tergolong dalam kategori tinggi dengan persentase sebesar 54%, dan miskonsepsi tergolong dalam kategori rendah dengan persentase sebesar 18%. Dari 18% siswa yang mengalami miskonsepsi diperoleh persentase sebesar 8% miskonsepsi 1, miskonsepsi 2 sebesar 2%, dan miskonsepsi 3 sebesar 8%.
Kata kunci: pemahaman konsep, latutan elektrolit dan larutan non elektrolit, Three- Tier Multiple-Choice.
Download berkas