Penulis / NIM
TESY ANGGRAINI NINGKAULA / 441416021
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LUKMAN ABDUL RAUF LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
HENDRI IYABU, S.Pd, M.Si / 0009018002
Abstrak
ABSTRAK
Tesy Anggraini Ningkaula 2020, Studi Komparasi Perubahan Konseptual Siswa SMA Pada Konsep Hidrolisis Garam Yang Dibelajarkan Dengan Model Discovery Learning Berpendekatan STEM Dan Saintifik. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Lukman A.R Laliyo, M.Pd, MM dan Pembimbing II Hendri Iyabu, S.Pd, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dari konseptual siswa SMA yang dibelajarkan dengan model discovery learning berpendekatan STEM dan Saintifik di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Telaga Gorontalo. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan rancangan Pretest Posttest Control Group Desain. Sampel penelitian ini berjumlah 180 siswa yaitu sebanyak 91 siswa pada kelas eksperimen dan 89 siswa pada kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model Discovery Learning dan untuk kelas kontrol juga menggunakan model yang sama. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Anacova dengan taraf signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu didapatkan 0,000 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil pemahaman konsep siswa untuk kelas yang dibelajarkan dengan model discovery learning berpendekatan STEM. Hasil pemahaman konsep siswa untuk kelas eksperimen mencapai 58% sedangkan untuk kelas kontrol 38%.
Kata Kunci : STEM, Discovery Learning, Pemahaman Konsep.
Download berkas