Penulis / NIM
PRATIWI HASSAN / 441416022
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. LUKMAN ABDUL RAUF LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
DEASY NATALIA BOTUTIHE, S.Pd, M.Si / 0019128403
Abstrak
ABSTRAK
Pratiwi Hassan, 2020, ��Ã..."Identifikasi Kemampuan Berfikir Kritis Siswa dengan Menggunakan Five-Tier Multiple Choice Test Pada Materi Hidrolisis Garam�� , Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Lukman AR Laliyo, S.Pd,M.Pd,MM dan Pembimbing II: Deasy N. Botutihe , S.Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis siswa SMA Negeri 1 Telaga Biru pada materi Hidrolisis garam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini seluruh kelas XI IPA SMA N 1 Telaga Biru dengan jumlah sampel 64 responden. Pengumpulan data menggunakan instrument tes pilihan ganda lima tingkat pada materi hidrolisis garam.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan Berfikir Kritis siswa SMA N 1 Telaga Biru pada materi hidrolisis garam adalah sebanyak 51,56% siswa termasuk dalam kategori sangat rendah 46,87% siswa termasuk dalam kategori rendah dan 1,56% siswa termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan indikator kemampuan berfikir kritis, prsentase jawaban siswa pada kriteria focus atau tingkatan Q1 rata-rata sebesar 77,60%, pada kriteria Reason atau tingkatan Q2 sebesar 23,95%, pada kriteria inference atau tingkatan Q3 sebesar 8,85%,pada kriteria Situation atau tingkatan Q4 sebesar 4,34% dan pada kriteria Clarity atau tingkatan Q5 sebesar 3,12%.
Kata Kunci: Kemampuan Berfikir Kritis ; Hidrolisis Garam.
Download berkas