Penulis / NIM
IVANI K. SUTENO / 441416023
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. LUKMAN ABDUL RAUF LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
HENDRI IYABU, S.Pd, M.Si / 0009018002
Abstrak
ABSTRAK
Ivani K. Suteno, 2020, "Mengukur Level Pemahaman Konseptual Hidrolisis Garam Peserta Didik Dengan Menggunakan Tes Diagnostik Pilihan Ganda Empat Tingkat Berbasis Socio Scientific Issue (SSI)", Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Lukman AR. Laliyo, M.Pd, M.M dan Pembimbing II : Hendri Iyabu, S.Pd, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level pemahman konseptual peserta didik pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang diujikan kepada 528 siswa SMA dan 347 mahasiswa jurusan kimia dan non jurusan kimia (Matematika, Biologi dan fisika). Pengumpulan data menggunakan instrumen tes diagnostik pilihan ganda empat tingkat (four-tier multiple choice). Analisis data menggunakan program SPSS 25 dengan uji non-parametrik (uji kruskal wallis) dengan membandingkan nilai signifikan (Asmpy.Sig) dengan probabilitas 0,05. Nilai signifikan yang dihasilkan yaitu sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti ada perbedaan yang nyata (signifikan) pada level pemahaman konseptual peserta didik, dimana level atau tingkat pemahaman konseptual siswa SMA lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa jurusan kimia tahun I, tahun ke-II, tahun ke-III, tahun ke-IV dan mahasiswa non jurusan kimia.
Kata Kunci : Four-Tier Multiple Choice, Pemahaman Konseptual, Hidrolisis Garam
Download berkas