Penulis / NIM
WAYAN HERI KUSUMA PUTRA / 441416024
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. LUKMAN ABDUL RAUF LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. AKRAM LA KILO, S.Pd., M.Si / 0011047702
Abstrak
Wayan Heri Kusuma Putra 2020, Pengaruh Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering And Mathematics) terhadap Kemampuan Membangun Argumentasi Ilmiah Siswa pada Materi Hidrolisis Garam. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing 1 Dr. Lukman A. R. Laliyo, M.Pd., M.M. dan Pembimbing II Dr. Akram La Kilo, M.Si.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh kemampuan membangun argumentasi ilmiah siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan STEM pada materi hidrolisis garam. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah three tier multiple choice atau pilihan ganda tiga tingkat untuk mengukur kemampuan argumentasi yang terdiri dari kemampuan siswa memberikan klaim, kemampuan siswa memberikan bukti, dan kemampuan siswa dalam memberikan justifikasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Gorontalo. Sampel yang digunakan sebanyak 148 Siswa kelas XI MIPA yang terdiri dari 72 siswa kelas eksperimen dan 76 siswa kelas kontrol. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan aplikasi SPSS 25 yakni pengujian normalitas dengan uji Shapiro-Wilk, pengujian homogenitas dengan uji Levene, dan pengujian hipotesis dengan uji Ancova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan membangun argumentasi ilmiah siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan STEM pada materi hidrolisis garam yang dibuktikan dengan nilai signifikansi < 0,05 yakni sebesar 0,00.
Kata Kunci: Kemampuan Membangun Argumentasi Ilmiah Siswa, Pendekatan STEM, Hidrolisis Garam.
Download berkas