Penulis / NIM
ZIKRA BARUADI / 441416025
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. LUKMAN ABDUL RAUF LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
ERNI MOHAMAD, S.Pd, M.Si / 0012086901
Abstrak
ABSTRAK
ZIKRA BARUADI, 2020. Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Menggunakan tes Four-tier Mulitiple Choice di Kelas XII IPA SMA N 1 Tapa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, pembimbing 1 Dr. Lukman AR. Laliyo, M.Pd, M.M dan pembimbing II Erni Mohamad, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemahaman konsep siswa pada materi hidrolisis garam menggunakan tes four-tier mulitiple choice di kelas XII IPA SMA N 1 Tapa. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif. Instrument yang digunakan adalah tes Four-Tier Multiple-Choice. Subjek penelitian yang digunakan adalah kelas XII IPA SMA N 1 Tapa dengan jumlah sampel sebanyak 34 siswa. Data penelitian diperoleh dari jawaban siswa pada soal tes Four-Tier Multiple-
Choice. Data tersebut diolah berdasarkan pola jawaban siswa yang dikelompokan kedalam kategori paham konsep, miskonsepsi eror satu, miskonsepsi eror dua, miskonsepsi eror tiga dan tidak paham konsep. Hasil penelitian menunjukan bahwa kategori pemahaman konsep memiliki persentase yang paham konsep sebesar 12,31%, miskonsepsi eror satu 6,43%, miskonsepsi eror dua 5,15%, miskonsepsi eror tiga 14,34% dan tidak paham konsep diperoleh persentase sebesar 61,76%.
Kata Kunci : pemahaman konsep, hidrolisis garam, four-tier multiple choice.
Download berkas