Penulis / NIM
ROMARIO ABDULLAH / 441416026
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRID PIKOLI, S.Pd., M.Pd / 0014087301
Pembimbing 2 / NIDN
NITA SULEMAN, S.T, M.T / 0021047306
Abstrak
Penelitian ini bertujuan: (a) untuk mengetahui kemampuan argumentasi siswa kelas X, XI dan XII SMK Negeri 1 Gorontalo pada materi perubahan wujud zat. (b) untuk mengetahui kemampuan argumentasi mahasiswa tahun ke-I, ke-II, ke-III dan ke-IV Jurusan Kimia Universitas Negeri Gorontalo pada materi perubahan wujud zat. (c) untuk mengetahui konsepsi siswa dan mahasiswa pada materi perubahan wujud zat. Instrumen yang digunakan adalah four tier multiple choice untuk mengukur kemampuan argumentasi. Sampel yang digunakan sebanyak 432 responden yang terdiri dari 173 siswa SMK Negeri 1 Gorontalo dan 259 mahasiswa Jurusan Kimia Universitas Negeri Gorontalo. Hasil penelitian menunjukkan (a) hasil persentase kemampuan argumentasi siswa kelas X, XI dan XII pada konsep perubahan wujud zat berturut-turut sebesar 56%, 56% dan 52%. (b) hasil persentase kemampuan argumentasi mahasiswa tahun ke-I, ke-II, ke-III dan ke-IV berturut-turut sebesar 61%, 63%, 71% dan 68%. (c) hasil pengukuran konsepsi siswa dalam setiap indikator soal, pada kategori paham konsep diperoleh bahwa persentase pemahaman konsep mahasiswa lebih tinggi dibandingkan siswa. Pada kategori miskonsepsi error I, miskonsepsi error II dan miskonsepsi error III diperoleh persentase yang hampir sama atau memiliki selisih yang relatif kecil antara siswa dan mahasiswa. Pada kategori tidak paham konsep diperoleh bahwa persentase siswa lebih besar dibandingkan mahasiswa.
Download berkas