Penulis / NIM
ISRAWANI D PAUL / 441416027
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
NITA SULEMAN, S.T, M.T / 0021047306
Pembimbing 2 / NIDN
ERNI MOHAMAD, S.Pd, M.Si / 0012086901
Abstrak
ABSTRAK
ISRAWANI D. PAUL, 2020. Identifikasi Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Reaksi Redoks Siswa kelas XI IPA di MAN 1 Kota Gorontalo. Skripsi , program studi pendidikan kimia, fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, universitas negeri gorontalo, pembimbing 1 Nita Suleman, S.T, M.T dan pembimbing II Erni Mohamad, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi reaksi redoks kelas XI IPA di MAN 1 Kota Gorontalo. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif. Instrument yang digunakan adalah tes Two-Tier Multiple-Choice. Subjek penelitian yang digunakan adalah kelas X IPA MAN 1 Kota Gorontalo dengan jumlah sampel sebanyak 39 siswa. Data penelitian diperoleh dari jawaban siswa pada soal tes Two-Tier Multiple-Choice. Data tersebut diolah berdasarkan pola jawaban siswa yang dikelompokan kedalam kategori paham konsep, kurang paham konsep dan tidak paham konsep. Hasil penelitian menunjukan bahwa kategori kemampuan pemahaman konsep memiliki persentase yang paham konsep sebesar 24%, kurang paham konsep sebesar 59%) dan tidak paham konsep diperoleh persentase sebesar 48%.
Kata Kunci : kemampuan pemahaman konsep, reaksi redoks.
Download berkas