Penulis / NIM
ROSALINDA S. MAINO / 441416030
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NETTY INO ISCHAK, Dra., M.Kes / 0023026803
Pembimbing 2 / NIDN
ERNI MOHAMAD, S.Pd, M.Si / 0012086901
Abstrak
Rosalinda S. Maino. 2020. Deskriptif Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Pendekatan Isu Sosiosaintifik Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit di Kelas X IPA SMA Negeri 1 Telaga. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing IIbu Dr. Netty Ino Ischak, M.Kes, dan Pembimbing II Erni Mohamad, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini merupakan kenis penelitian kualitatif dengan pendekatan isu sosiosaintifik yang bertujuan untuk mengetahui deskriptif kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 1 Telaga pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit. Objek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Telaga yang terdiri dari kelas X IPA 1, X IPA 2, X IPA 3, X IPA 4 dan X IPA 5 dengan jumlah keseluruhan siswa 163 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes uraian yang terdiri dari 10 butir item soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit berada pada kategori sedang dengan presentasi rata-rata sebesar 58,39%. 1) mengidentifikasi istilah sebesar 52,67% (sedang), 2) bertanya dan menjawab pertanyaan sebesar 60,67% (tinggi), 3) mendeduksi dan mempertimbangkan hasil deduksi sebesar 60,00%(sedang), 4) mempertimbangakn sumber yang dapat dipercaya sebesar 73,10% (tinggi), dan memfokuskan pertanyaan sebesar 46% (sedang).
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Isu Sosiosaintifik, Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit
Download berkas