Penulis / NIM
NURPEPI PAKUNA / 441416035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
HENDRI IYABU, S.Pd, M.Si / 0009018002
Pembimbing 2 / NIDN
SULEMAN DUENGO, S.Pd, M.Si / 0007017901
Abstrak
Nurpepi Pakuna, 2020. "Pengembangan Media Pembelajaran Tera-Tera Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Materi Larutan Penyangga". Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Hendri Iyabu, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II : Suleman Duengo, S.Pd, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas media pembelajaran tera-tera untuk meningkatkan minat belajar siswa pada materi larutan penyangga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Adapun tahap tersebut yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluasi. Namun, dalam penelitian ini hanya sampai tahap development. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi penilaian kelayakan media pembelajaran tera-tera. Kelayakan media tera-tera dinilai oleh 4 orang validator ahli yaitu 3 orang dosen kimia UNG dan 1 orang guru SMA. Hasil validasi pengembangan media pembelajaran tera-tera diperoleh persentase rata-rata 90,00% dengan kriteria sangat valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan bahwa media pembelajaran tera-tera yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran materi larutan penyangga.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Minat Belajar, Larutan Penyangga
Download berkas