Penulis / NIM
HARIANI / 441416044
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. LUKMAN ABDUL RAUF LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
NITA SULEMAN, S.T, M.T / 0021047306
Abstrak
ABSTRAK
Hariani, 2020, â�Å"Pengaruh pendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir transdispliner siswa dalam menjelaskan social-scientific issue berdasarkan konsep hidrolisis garam�, Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Lukman A.R Laliyo, M.Pd, MM dan Pembimbing II: Nita Sulaiman. S.T.,MT.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kimiaberpendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir transdispliner siswa SMA 1 Kabila pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini merupakan penelitian True Experiment Design dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kabila dengan sampel penelitian berjumlah 122 siswa, untuk kelas eksperimen berjumlah 64 siswa dan kelas kontrol berjumlah 58 siswa. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran scientific inqury berpendekatan STEM dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran scientific inqury tanpa pendekatan STEM. Pengumpulan data menggunakan instrumen dalam bentuk tes kemampuan berpikir transdispliner siswa siswa pada materi hidrolisis garam. Analisis data menggunakan uji parametric untuk menguji hipotesis penelitian dengan taraf signifikan 0,05. Analisis data menggunakan uji Ancova untuk menguji hipotesis penelitian dengan nilai signifikansi < 0,05 dengan tingkat kepercayaan 95% maka H0 ditolakyang artinya terdapat pemgaruh pendekatan Science, Technology, Engineering dan Mathmematics (STEM) terhadap kemampuan berpikir transdispliner.
Kata Kunci: STEM Science, Technology, Engineering dan Mathmematics, hidrolisis garam.
Download berkas