Penulis / NIM
SITI ANISA GOBEL / 441417004
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
ERNI MOHAMAD, S.Pd, M.Si / 0012086901
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan media audio-visual berbasis terhadap hasil belajar pada materi laju reaksi di SMA N 1 Bolaang Uki. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode quasi eksperimen dengan bentuk non equivalent control group design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini kelas XI MIA di SMA Negeri I Bolaang Uki, Dalam penelitian ini, peneliti memilih dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas control pada kelask eksperimen diberikan perlakuan dengan pembelajaran kimia melalui media audio-visual berbasis kasus sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran biasa tanpa diberikan perlakuan, kemudian diberikan pretest dan postest kepada dua kelas tersebut yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa antara kelas eksperimen dan kelas control yang telah diberikan tes objektif sebanyak 14 butir soal pada materi laju reaksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media audio-visual berbasis kasus terdapat pengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Ini dibuktikan dengan nilai rata-rata peserta didik pada kelas eksperimen sebelum perlakuan 27.14 dan setelah diberikan perlakuan mencapai 77. sedangkan pada kelas control sebelum perlakuan 28.82 dan setelah perlakuan mencapai 59.1. Hasil penelitian ini guru diharapkan dapat menerapkan media audio-visual berbasis kasus dalam pembelajaran sebagai variasi metode mengajar.
Download berkas