Penulis / NIM
ABDUL HARIS SYAHRAIN / 441417006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr NETTY INO ISCHAK, Dra., M.Kes / 0023026803
Pembimbing 2 / NIDN
ERNI MOHAMAD, S.Pd, M.Si / 0012086901
Abstrak
Abdul Haris Syahrain, 2022. "Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Materi Laju Reaksi di SMA Negeri 1 Gorontalo". Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I: Dr. Netty Ino Ischak, M.Kes, dan Pembimbing II: Erni Mohamad, S,Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan: untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gorontalo melalui pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini merupakan salah satu bentuk metode pre-experimental dengan desain One-Shot Case Study. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gorontalo sebanyak 34 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes essai materi laju reaksi yang telah divalidasi oleh ahli. Hasil analisis menunjukkan capaian kemampuan berpikir kreatif siswa pada indikator (a) kemampuan kelancaran (fluency) persentasenya sebesar 78,50% dengan kategori baik, (b) indikator kemampuan keluwesan (flexibility) memiliki persentase sebesar 79,91% dengan kategori baik, (c) indikator kemampuan kebaruan (originality) memiliki persentase sebesar 84,35% dengan kategori sangat baik, (d) indikator kemampuan merinci (elaboration) memiliki persentase sebesar 78,82% dengan kategori baik dan (e) kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gorontalo melalui pembelajaran berbasis proyek pada materi laju reaksi dengan nilai rata-rata sebesar 80,39%.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Pembelajaran Berbasis Proyek, Laju Reaksi
Download berkas