Penulis / NIM
MEGAWATI LATABI / 441417008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. MARDJAN PAPUTUNGAN, M.Si / 0015026004
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. LUKMAN ABDUL RAUF LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Abstrak
Megawati Latabi. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Berorientasi STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Klasifikasi Materi dan Perubahannya Siswa Kelas VII SMP Satap Tontulow. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Mardjan Paputungan, M.Si. dan Pembimbing II Dr. Lukman A.R Laliyo, M.Pd,.M.M.
Penelitian ini bertujuan untuk tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Klasifikasi materi dan Perubahannya dikelas VII SMP Satap Tontulow melalui penerapan model pembelajaran jigsaw berorientasi STEM.
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pada materi Klasifikasi materi dan perubahannya. Sampel yang penelitian 40 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan model pembelajaran jigsaw berorientasi STEM pada materi IPA khususnya materi Klasifikasi materi dan perubahannya serta materi suhu dan perubahannya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Satap Tontulow. Indikator kerja sebesar 70% dengan nilai KKM 67. Presentase aktivitas siswa pada siklus I yaitu 39,43%% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 69.62%, aktivitas guru pada siklus I sebesar 53% meningkat pada siklus II yaitu meningkat menjadi 73%. Hasil tersebut telah mencapai indikator kerja yaitu 70%. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I belum mencapai indikator kerja dan KKM yaitu 63,65% dengan kriteria sedang, kemudian mengalami peningkatan sebesar 77.17% dengan kriteria tinggi pada siklus II.
Kata Kunci: Hasil Belajar, STEM, Model Pembelajaran Jigsaw
Download berkas