Penulis / NIM
TARMA ALVIANA MUHRIDJA / 441417009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. OPIR RUMAPE, Drs., M.Si. / 0003095804
Pembimbing 2 / NIDN
ERNI MOHAMAD, S.Pd, M.Si / 0012086901
Abstrak
Tarma Alviana Muhidja, 2021, ''Analisis Pemahaman Konsep Ikatan Kimia Menggunakan Tes Diagnostik Empat Tingkat Berbasis HOTS'', Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Opir Rumape, M.Si dan Pembimbing II : Erni Mohamad, S.Pd, M.Pd
Pemahaman konsep merupakan hal yang sangat penting untuk siswa miliki karena dengan memahami konsep maka siswa akan mudah mempelajari suatu materi dan menerima konsep yang baru. Penelitian ini betujuan untuk menjelaskan pemahaman konsep ikatan kimia menggunakan tes diagnostik empat tingkat berbasis HOTS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang diujikan kepada 277 siswa kelas X dan XI MAN 1 Kota Gorontalo. Pengumpulan data menggunakan tes diagnostik empat tingkat. Level pemahaman siswa dibagi menjadi lima kategori yaitu paham konsep, miskonsepsi kesalahan positif, miskonsepsi kesalahan negatif, miskonsepsi keseluruhan, dan kurang pengetahuan. Hasil penelitian ditemukan (1) Presentase pemahaman konsep siswa MAN 1 Kota Gorontalo kategori paham konsep (PK) sebesar 9%, kategori miskonsepsi kesalahan positif (MKP) sebesar 1%, kategori miskonsepsi kesalahan negatif (MKN) sebesar 13%, kategori miskonsepsi keseluruhan (MKK) sebesar 1%, dan kategori kurang pengetahuan (KP) sebesar 77%. (2) Berdasarkan presentase ditemukan bahwa pengetahuan siswa MAN 1 Kota Gorontalo termasuk pada kategori kurang pengetahuan disebabkan miskonsepsi yang terjadi pada beberapa item soal.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Tes Diagnostik Empat Tingkat, Ikatan Kimia
Download berkas