Penulis / NIM
RILASTI YUNUS / 441417016
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Pembimbing 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstrak
Rilasti Yunus. 2021. Analisis Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Gorontalo Utara Pada Meteri Hidrolisis Garam. Skripsi, Program, Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd. dan Pembimbing II Julhim S. Tangio, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini bertujuan: untuk menganalisis kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Gorontalo Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes essai materi hidrolisis garam. Sampel yang digunakan sebanyak 160 responden yang terdiri dari siswa kelas XII IPA 1 sampai dengan XII IPA 5. Hasil penelitian menunjukkan capaian kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada indikator (a) menganalisis jenis-jenis garam yang dapat terhidrolisis dalam air sebesar 72,97% termasuk dalam kategori baik, dan 58,75% termasuk dalam kategori cukup, (b)indikator mengaitkan tetapan hidrolisis dengan pH suatu larutan diperoleh capaian sebesar 49,21% termasuk dalam kategori cukup, (c) pada indikator menyimpulkan penentuan pH larutan garam terhidrolisis berdasarkan sifat asam basanya diperoleh capaian sebesar 41,40% termasuk dalam kategori cukup, (d) indikator membuat prosedur kerja berdasarkan hasil percobaan diperoleh capaian sebesar 36,87% termasuk dalam kategori kurang, dan (e) Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XII SMA Negeri 1 Gorontalo Utara pada materi hidrolisis garamberada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata yaitu 51,84%.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Hidrolisis Garam, Siswa Kelas XII
Download berkas