Penulis / NIM
RAHMAWATI HILALA / 441417019
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. LUKMAN ABDUL RAUF LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Abstrak
Rahmawati Hilala 2021. Kajian kemampuan mahasiswa dalam membangun
argumentasi ilmiah tentang konsep asam basa ditinjau dari adversity quotient
(kemampuan menyelesaikan masalah) dan kepercayaan diri (self efficacy). Skripsi.
Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan
Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Lukman A.R Laliyo,
M.Pd.,M.M, dan Pembimbing II Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan mahasiswa dalam membangun
argumentasi ilmiah tentang konsep asam-basa, ditinjau dari kemampuannya dalam
menyelesaikan masalah (adversity quotient) dan kepercayaan diri (self efficacy).
Pendekatan penelitian adalah deksriptif-kuantitaif, dimana peneliti tidak melakukan
perlakuan pembelajaran konten tertentu. Responden penelitian adalah 100
mahasiswa di jurusan kimia Universitas Negeri Gorontalo. Instrumen yang
digunakan adalah quesioner adversity quotient (AQ), self efficacy (SE) dan tes
kemampuan membangun argumentasi ilmiah tentang konsep asam-basa.
Temuannya diperoleh bahwa mahasiswa dengan kemampuan AQ tinggi, hanya
mampu menjelaskan konsep asam-basa pada pembuatan kristal garam dan
cenderung lemah dalam menjelaskan fenomena hujan asam, penggunaan antasida
untuk penyakit mag, penggunaan pupuk dolomit dan tingkat keasaman larutan HCl
dan H2SO4. Selain itu, mahasiswa dengan SE tinggi besar cenderung lemah dalam
menjelaskan kelima fenomena sains asam-basa dimaksud.
Kata Kunci : argumentasi ilmiah, asam basa, adversity quotient, self efficacy
Download berkas