Penulis / NIM
ALHAWID DETUAGE / 441417021
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRID PIKOLI, S.Pd., M.Pd / 0014087301
Pembimbing 2 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Abstrak
Alhawid Detuage, 2021.Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA dan SMK Dalam Menyelesaikan Masalah Konsep Asam Basa (Penelitian di SMAN 1 Limboto, SMAN 2 Limboto, dan SMKN 2 Limboto, Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Masrid Pikoli, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd.
Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang perlu dikuasai siswa dalam rangka menghadapi tantangan di abad 21. Melalui penggunaan keterampilan berpikir kritis, siswa secara logis dapat mengidentifikasi, menganalisis, dan memecahkan masalah untuk membuat keputusan yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Limboto Gorontalo pada Konsep Asam Basa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang digunakan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa. Subjek terdiri dari Kelas XI MIPA SMAN 1 Limboto, Kelas XI MIPA SMAN 2 Limboto, dan Kelas X APHP SMKN 2 Limboto total responden 218 siswa. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes esai yang telah divalidasi oleh 3 orang ahli dengan hasil uji reliabilitas (chronbachs Alpha) dengan nilai sebesar 0,652 valid. Analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif melalui persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa SMA dan SMK di Limboto Kabupaten Gorontalo pada konsep Asam Basa berada pada rentang 49% - 55% yang berada pada kategori sedang. Dengan demikian, diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Konsep Asam Basa.
Download berkas