Penulis / NIM
FARNAWATY ZAINUDIN / 441417024
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr WENY J.A MUSA, M.Si / 0022086611
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MASRID PIKOLI, S.Pd., M.Pd / 0014087301
Abstrak
Farnawaty Zainudin. 2021. Analisis Kemampuan Literasi Sains Ditinjau dari Aspek Kompetensi Sains Siswa SMP Negeri 1 Gorontalo dan SMP Negeri 2 Gorontalo pada Materi Global Warming. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Weny J.A. Musa, M.Si. dan Pembimbing II Dr. Masrid Pikoli, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan: (a) Untuk menganalisis kemampuan literasi sains ditinjau dari aspek kompetensi sains siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gorontalo pada materi global warming. (b) Untuk menganalisis kemampuan literasi sains ditinjau dari aspek kompetensi sains siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gorontalo pada materi global warming. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda untuk mengukur kemampuan literasi sains aspek kompetensi. Sampel yang digunakan sebanyak 309 responden yang terdiri dari 147 siswa SMP Negeri 1 Gorontalo dan 162 siswa SMP Negeri 2 Gorontalo. Hasil penelitian menunjukkan: (a) Sebagian besar kemampuan literasi sains siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gorontalo secara keseluruhan pada aspek kompetensi berada pada kategori rendah, dengan persentase siswa sebesar 91,16%. Adapun persentase kemampuan literasi sains aspek kompetensi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gorontalo pada indikator menjelaskan fenomena secara ilmiah sebesar 34,35% tergolong rendah, indikator mengevaluasi dan merancang inquiri ilmiah sebesar 42% tergolong rendah dan indikator menafsirkan data & bukti secara ilmiah sebesar 28,23% tergolong rendah. (b) Sebagian besar kemampuan literasi sains siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gorontalo secara keseluruhan pada aspek kompetensi berada pada kategori rendah, dengan persentase siswa sebesar 95,68%. Adapun persentase kemampuan literasi sains aspek kompetensi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gorontalo pada indikator menjelaskan fenomena secara ilmiah sebesar 33,95% tergolong rendah, indikator mengevaluasi dan merancang inquiri ilmiah sebesar 30,25% tergolong rendah dan indikator menafsirkan data & bukti secara ilmiah sebesar 30,71% tergolong rendah.
Kata Kunci: Kemampuan Literasi Sains, Aspek Kompetensi, Global Warming
Download berkas