Penulis / NIM
ANICHA DESTIYANI NALOLE / 441417025
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr ISHAK ISA, M.Si / 0026056106
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. LUKMAN ABDUL RAUF LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Abstrak
Anicha Destiyani Nalole 2022, Penerapan Model Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Di Man 1 Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pegetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Prof. Dr. Ishak Isa, M.Si dan Pembimbing II Dr. Lukman A. R. Laliyo M.Pd., M.M.
Penelitian ini bertujuan untuk mengingkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 MAN 1 Kota Gorontalo. Objek penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran problem solving. Pengumpuulan data dilakukan demngan melalukakan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran model problem solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas XI IPA 3 Man Kota Gorontalo. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa pada indikator memberi penjelasan sederhana meningkat dari 74% menjadi 97%, indikator membangun keterampilan dasar persentase meningkat dari 45% menjadi 86%, Pada indikator menyimpulkan persentase meningkat dari 45% menjadi 85%, indikator memberi penjelasan lebih lanjut persentase meningkat dari 75% menjadi 95%, dan indikator mengatur strategi dan teknik persentase kemampuan berpikir kritis meningkat dari 8% menjadi 88%.
Kata kunci : Berpikir Kritis, Problem Solving, Hidrolisis Garam
Download berkas