Penulis / NIM
SRI INGKE ISMAIL / 441417028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. LUKMAN ABDUL RAUF LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Abstrak
Abstrak. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang
dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dan
siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional serta untuk
mengetahui pengaruh terhadap siswa yang diajarkan menggunakan strategi
pembelajaran Predict-Observe-Explain. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda
materi perpindahan kalor. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VII SMP Negeri 9 Gorontalo. Sampel yang digunakan sebanyak 41
Siswa kelas VII yang terdiri dari 15 siswa kelas eksperimen dan 26 siswa kelas
kontrol. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan
microsoft excel yakni pengujian normalitas dengan uji Kolmogrov Smirnov,
pengujian homogenitas dengan uji F, dan pengujian hipotesis dengan uji t.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar
siswa yang dibelajaran dengan strategi Predict-Observe-Explain (POE) pada
materi perpindahan kalor yang dibuktikan dengan nilai pada uji t < 0,05 yakni
sebesar -4,14054.
Kata kunci: Predict-Oberve-Explain (POE), Perpindahan Kalor, Hasil Belajar
Abstract. The research objective is to determine the students� learning
outcomes taught by Predict-Observe-Explain (POE) learning strategy and
those who are taught by conventional learning model. In addition, the research
aims at determining the impact of students who are taught using Predict-
Observe-Explain (POE) learning strategy. The research is classified as
quantitative descriptive research where is instrument used is multiple choice
tests in headd transfer topic. The research populations are students in class VII
of SMP Negeri 9 Gorontalo, whereas the samples are 41 students in class VII,
comprising 15 students in the experimental group and 26 students in the
control group. The analysis is performed by applying Microsoft Excel for
normality test with Kolmogorov Smirnov test, homogeneity test with F test,
and hypothesis test with t test. The research finding indicates emergence of
impact of Predict-Observe-Explain (POE) learning strategy on the students�
learning outcomes in the heat transfer topic as it is evidenced by value of t test
for -4.14054, which is lower than 0.05.
Keywords: Predict-Oberve-Explain (POE), Heat Transfer, Learning Outcomes
Download berkas