SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI INGKE ISMAIL / 441417028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. LUKMAN ABDUL RAUF LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Abstrak
Abstrak. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional serta untuk mengetahui pengaruh terhadap siswa yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaran Predict-Observe-Explain. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda materi perpindahan kalor. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 9 Gorontalo. Sampel yang digunakan sebanyak 41 Siswa kelas VII yang terdiri dari 15 siswa kelas eksperimen dan 26 siswa kelas kontrol. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan microsoft excel yakni pengujian normalitas dengan uji Kolmogrov Smirnov, pengujian homogenitas dengan uji F, dan pengujian hipotesis dengan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa yang dibelajaran dengan strategi Predict-Observe-Explain (POE) pada materi perpindahan kalor yang dibuktikan dengan nilai pada uji t < 0,05 yakni sebesar -4,14054. Kata kunci: Predict-Oberve-Explain (POE), Perpindahan Kalor, Hasil Belajar Abstract. The research objective is to determine the students� learning outcomes taught by Predict-Observe-Explain (POE) learning strategy and those who are taught by conventional learning model. In addition, the research aims at determining the impact of students who are taught using Predict- Observe-Explain (POE) learning strategy. The research is classified as quantitative descriptive research where is instrument used is multiple choice tests in headd transfer topic. The research populations are students in class VII of SMP Negeri 9 Gorontalo, whereas the samples are 41 students in class VII, comprising 15 students in the experimental group and 26 students in the control group. The analysis is performed by applying Microsoft Excel for normality test with Kolmogorov Smirnov test, homogeneity test with F test, and hypothesis test with t test. The research finding indicates emergence of impact of Predict-Observe-Explain (POE) learning strategy on the students� learning outcomes in the heat transfer topic as it is evidenced by value of t test for -4.14054, which is lower than 0.05. Keywords: Predict-Oberve-Explain (POE), Heat Transfer, Learning Outcomes
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011