Penulis / NIM
SELVIENA / 441417030
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Pembimbing 2 / NIDN
ERNI MOHAMAD, S.Pd, M.Si / 0012086901
Abstrak
ABSTRAK
Selviena, 2021, â�Å"Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Three Tier Multiple Choice Test Pada Materi Bentuk Molekul Kelas X MIA Di SMA Negeri 1 Lakeaâ�Â, Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd dan Pembimbing II : Erni Mohamad, S.Pd, M.Si
Miskonsepsi adalah pemahaman materi/konsep yang tidak sesuai dengan pengertian ilmiah atau pengertian yang dikemukan oleh para ahli. Penelitian ini betujuan untuk menganalis miskonsepsi siswa pada materi bentuk molekul menggunakan three-tier multiple choice test kelas X MIA di SMA Negeri 1 Lakea. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang diujikan kepada 85 siswa kelas X SMA Negeri 1 Lakea. Pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda tiga tingkat. Kategori pemahaman siswa dibagi menjadi lima kategori yaitu paham konsep, miskonsepsi 1 (MK 1), miskonsepsi 2 (MK 2), miskonsepsi 3 (MK 3), dan tidak paham konsep. Hasil penelitian ditemukan (1) Presentase pemahaman konsep siswa SMA Negeri 1 Lakea kategori paham konsep (PK) sebesar 19%, kategori miskonsepsi 1 (MK 1) sebesar 19%, kategori miskonsepsi 2 (MK 2) sebesar 16%, kategori miskonsepsi 3 (MK 3) sebesar 23%, dan kategori tidak paham konsep (TPK) sebesar 23%. (2) Miskonsepsi yang dialami oleh siswa SMA Negeri 1 Lakea sebagaian besar siswa mengalami miskonsepsi 3 (MK 3) dimana siswa memilih jawaban Q1 salah dan alasan Q2 salah tetapi menjawab yakin pada Q3.
Kata Kunci: Miskonsepsi, Three tier multiple choice test, Bentuk molekul
Download berkas