Penulis / NIM
FEBRIANA / 441417031
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. LUKMAN ABDUL RAUF LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Abstrak
Febriana, 2022. Strategi Modifikasi Kelompok Dalam Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningktkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas VII Pada Materi Kalor. Skrisi. Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Lukman A.R Laliyo, M.Pd.,MM dan Pembimbing II Prof.Dr. Astin Lukum M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada materi kalor. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dai 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bulango Selatan. Objek penelitian ini adalah kemampuan berfikir kritis siswa dalam proses pembelajaran denga menerapkan modifikasi kelompok model pembelajaran Problem Solving. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa ditinjau dari hasil tes kemampuan berfikir kritis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi modifikasi kelompok dalam penerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada materi kalor.
Kata kunci: Modifikasi kelompok, Problem Solving, Berfikir kritis siswa, Kalor.
Download berkas