Penulis / NIM
MARIA MOUKO / 441417037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
ERNI MOHAMAD, S.Pd, M.Si / 0012086901
Pembimbing 2 / NIDN
HENDRI IYABU, S.Pd, M.Si / 0009018002
Abstrak
Maria Mouko 2022, Pengaruh Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Pesawat Sederhana. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Erni Mohamad, S.Pd., M.Si., dan Pembimbing II Hendri Iyabu, S.Pd,. M.Si.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh pada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan STEM pada pesawat sederhana. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pilihan ganda berbasis HOTS (High Order Thinking Skill) untuk mengukur hasil belajar siswa. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bulango Selatan. Sampel yang digunakan sebanyak 41 Siswa kelas VIII. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan pemodelan Rasch dan aplikasi SPSS 16 yakni pengujian hipotesis dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pendekatan STEM pada pesawat sederhana yang dibuktikan dengan nilai signifikansi < 0,05 yakni sebesar 0,00.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Pendekatan STEM, Pesawat Sederhana, Rasch Model.
Download berkas