SKRIPSI

Penulis / NIM
ALMA J. GENES / 441417042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. LUKMAN ABDUL RAUF LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Abstrak
Alma J. Genes 2021. Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memahami Konsep Materi Larutan Penyangga Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 4 Gorontalo Utara, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Prof. Astin Lukum, M.Si dan Pembimbing II Lukman A.R Laliyo, M.Pd.,M.M, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa dalam memahami konsep materi larutan penyangga, yang di ukur dalam 5 aspek,yaitu: pengertian, prinsip kerja, pH dan pOH, pH asam basa,dan fungsi penyangga dalam tubuh manusia. Penelitian kuantitaf deskriptif ini dilakukan pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 4 Gorontalo Utara. Sampel yang digunakan (N=215) siswa. Data dijaring dengan instrumen tiga tingkat. Hasil penelitian ditemukan bahwa aspek pH asam basa (96.5%) paling sulit di pahami siswa, dibandingkan aspek fungsi larutan penyagga dalam tubuh manusia (94.9%), pH dan pOH (89.3%), prinsip kerja (83.7%), pengertian (48.8%). Temuan ini mengindikasikan bahwa siswa belum memahami dengan baik dan benar konsep larutan penyangga. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa diperlukan pembelajaran remedial untuk menyiapkan materi pembelajaran selanjutnya. Kata Kunci : Kesulitan pemahaman, larutan penyangga, tiga tingkat
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011