Penulis / NIM
ALMA J. GENES / 441417042
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. ASTIN LUKUM, M.Si / 0027036306
Pembimbing 2 / NIDN
Prof. Dr. LUKMAN ABDUL RAUF LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Abstrak
Alma J. Genes 2021. Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memahami Konsep Materi Larutan Penyangga Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 4 Gorontalo Utara, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Prof. Astin Lukum, M.Si dan Pembimbing II Lukman A.R Laliyo, M.Pd.,M.M,
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar siswa dalam memahami konsep materi larutan penyangga, yang di ukur dalam 5 aspek,yaitu: pengertian, prinsip kerja, pH dan pOH, pH asam basa,dan fungsi penyangga dalam tubuh manusia. Penelitian kuantitaf deskriptif ini dilakukan pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 dan SMA Negeri 4 Gorontalo Utara. Sampel yang digunakan (N=215) siswa. Data dijaring dengan instrumen tiga tingkat. Hasil penelitian ditemukan bahwa aspek pH asam basa (96.5%) paling sulit di pahami siswa, dibandingkan aspek fungsi larutan penyagga dalam tubuh manusia (94.9%), pH dan pOH (89.3%), prinsip kerja (83.7%), pengertian (48.8%). Temuan ini mengindikasikan bahwa siswa belum memahami dengan baik dan benar konsep larutan penyangga. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa diperlukan pembelajaran remedial untuk menyiapkan materi pembelajaran selanjutnya.
Kata Kunci : Kesulitan pemahaman, larutan penyangga, tiga tingkat
Download berkas