Penulis / NIM
WIWIYANI / 441418005
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
ERNI MOHAMAD, S.Pd, M.Si / 0012086901
Pembimbing 2 / NIDN
HENDRI IYABU, S.Pd, M.Si / 0009018002
Abstrak
Wiwiyani 2022. Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sel volta dan sel elektrolisis dengan menggunakan tes open-ended problem di SMA Negeri 4 Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Erni Mohamad, S.Pd, M.Si, dan Pembimbing II Hendri Iyabu, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sel volta dan sel elektrolisis dengan menggunakan tes open-ended problem di SMA Negeri 4 Gorontalo, mengetahui tanggapan guru terhadap soal tes open-ended problem yang diujikan dan mengetahui tanggapan siswa terhadap soal tes open-ended problem yang diujikan. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah 62 siswa kelas XII IPA dan 2 orang guru kimia di SMA Negeri 4 Gorontalo. Data yang digunakan pada penelitian berupa data hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa dengan menggunakan tes open-ended problem serta hasil tanggapan angket mengenai model soal yang diujikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa pada aspek fluency sebesar 47,8% dengan kategori cukup kreatif, aspek flexibility sebesar 45,4% dengan kategori cukup kreatif, dan aspek originality sebesar 31,9% dengan kategori kurang kreatif. Hasil tanggapan angket guru terhadap model soal open-ended problem didapatkan persentase respon positif sebesar 80%, dan hasil tanggapan angket siswa didapatkan persentase respon positif sebesar 61%.
Kata Kunci : berpikir kreatif, elektrolisis, open-ended
Download berkas