Penulis / NIM
ARIF AKO / 441418006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. OPIR RUMAPE, Drs., M.Si. / 0003095804
Pembimbing 2 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Abstrak
ABSTRAK
Arif Ako, 2022. Pengaruh Strategi Pembelajaran REACT Disertai Media Foto terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi larutan Elektrolit dan Nonelektrolit di SMA Negeri 7 Gorontalo. Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Opir Rumape, M.Si dan Pembimbing 2 Drs. Mangara Sihaloho M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Pembelajaran REACT pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 7 Gorontalo pada 2 kelas, masing-masing pada kelas X-IPA 1 sebagai kelas eksperimen, dan X-IPA 2 sebagai kelas kontrol. Sampel pada penelitian ini secara keseluruhan berjumlah 42 orang siswa. Jenis penelitian adalah Deskriptip Kuantitatif, Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes pilihan ganda beralasan dengan jumlah 16 butir soal. Hasil Penelitian menunjukan bahwa presentase pada hasil Pretest untuk kelas kontrol sebesar 23,21% dan untuk kelas eksperimen sebesar 26,34%, dan presentase pada hasil Posttest untuk kelas kontrol sebesar 56,55% dan untuk kelas eksperimen sebesar 75,00%. Berdasarkan perhitungan atau uji statistik diperoleh harga thitung sebesar 6,709 untuk taraf signifikan (����¯�¿�½������±) 5% (0,05). Sedangkan untuk ttabel yaitu sebesar 1,684. Dengan demikian, terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran REACT disertai media foto terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit.
Kata Kunci: Hasil Belajar. Srategi Pembelajaran REACT, Media Foto.
Download berkas