Penulis / NIM
YUSUF SALEH / 441418008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. LUKMAN ABDUL RAUF LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstrak
Yusuf Saleh, 2022. Pengaruh Model Pembelajaran POGIL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Larutan Penyangga di SMA Negeri 1 Telaga Biru. Skripsi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Lukman A.R. Laliyo, M.Pd., M.M dan Pembimbing 2 Julhim S. Tangio S.Pd., M.Pd
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh pada kemampuan pemecahan masalah siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) pada materi larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen pre-posttest control grup. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes pilihan ganda untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi yang diambil pada penelitian ini siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Telaga Biru. Sampel yang digunakan sebanyak 44 siswa yakni, 23 siswa kelas eksperimen dan 21 siswa kelas kontrol. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pemodelan Rasch dan aplikasi SPSS 16.0 yaitu pengujian hipotesis dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukam bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran POGIL terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi larutan penyangga yang dibuktikan dengan hasil nilai signifikan < 0.05, yaitu pada kelas eksperimen nilai signifikan sebesar 0.00 dan dikelas kontrol nilai signifikan sebesar 0.00
Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran POGIL, Larutan Penyangga, Rasch Model
Download berkas