Penulis / NIM
ASNITA DAHIBA / 441418009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. MARDJAN PAPUTUNGAN, M.Si / 0015026004
Pembimbing 2 / NIDN
ERNI MOHAMAD, S.Pd, M.Si / 0012086901
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa berbantuan multi representasi pada materi larutan penyangga.Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen.Jenis penelitian ini termasuk quasy eksperimen (eksperimen semu).Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent control grup design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik XI MIPA dengan sampel adalah kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 dengan teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan purposive sampling.Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa berbantuan multi representasi pada materi larutan penyangga penulis memberikan tes dalam bentuk essay sebanyak 5 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t. dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung = 4,98> ttabel= 1,67655 dimana H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa berbantuan multi representasi pada materi larutan penyangga.
Download berkas