SKRIPSI

Penulis / NIM
MONALISA USMAN / 441418010
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. OPIR RUMAPE, Drs., M.Si. / 0003095804
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. MARDJAN PAPUTUNGAN, M.Si / 0015026004
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi Hukum Dasar Kimia. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan (Quasi Eksperimental Design) pretest-posttest control design yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tilango pada Mei 2022. Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Tilango, sedangkan sampel yang dimbil adalah siswa kelas X Semester Genap tahun 2022. menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar siswa sebelum pembelajaran (pre-test) dan setelah pembelajaran (post-test). Hasil uji validitas tes menunjukkan bahwa 15 soal valid hasil reliabelitas tes adalah hasil reliabel sebesar 0,837 tergolong dalam kategori tinggi. Hasil analisis data menggunakan statistik uji ����t���� diperoleh nilai thitung = 2,154 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan ���± = 0,05 (dk= 48) adalah 1,67, maka nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel, sehingga Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hukum Dasar Kimia.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011