Penulis / NIM
NUR'AFNI SUAIB / 441418011
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. MARDJAN PAPUTUNGAN, M.Si / 0015026004
Pembimbing 2 / NIDN
HENDRI IYABU, S.Pd, M.Si / 0009018002
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar
siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning
dan Discovery Learning pada pokok bahasan Hukum Dasar Kimia di SMA
Negeri 1 Suwawa. Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen.
Jenis penelitian ini termasuk quasi eksperimen (eksperimen semu). Desain
yang digunakan adalah Pretest Posttest Non-Equivalent Group Design.
Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X IPA dengan sampel
penelitian adalah X IPA 1 dan X IPA 2. Untuk mengetahui perbedaan model
pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning terhadap hasil
belajar siswa pada materi Hukum Dasar Kimia penulis memberikan tes dalam
bentuk pilihan ganda sebanyak 10 soal dan essay sebanyak 5 soal yang telah
diuji validitasnya. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t.
Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung = 4.38 > ttabel = 1.67722
yang dimana H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa
terdapat perbedaan model pembelajaran Problem Based Learning dan
Discovery Learning pada materi Hukum Dasar Kimia terhadap hasil belajar
siswa.
Kata kunci: PBL, Discovery Learning, Hasil Belajar
Download berkas