Penulis / NIM
SUCI ZULEHA DAUD / 441418012
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
DRA NURHAYATI BIALANGI, MSi / 0029056204
Pembimbing 2 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Abstrak
SUCI ZULEHA DAUD. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran ICARE Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kabila. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I: Dra. Nurhayati Bialangi, M.Si dan Pembimbing II: Julhim S. Tangio, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ICARE terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kabila. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif karena mengacu pada hasil belajar siswa. Subject pada penelitian ini yaitu 35 orang siswa dimasing-masing kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan hasil posttest dan angket sebagai pendukung. Hasil posttest digunakan untuk melihat hasil belajar siswa, dan angket digunakan untuk menilai model pembelajaran ICARE apakah disukai siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil analisis tes hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam menggunakan model pembelajaran ICARE di SMA Negeri 1 Kabila diperoleh hasil uji t test diketahui thitung sebesar 3,910 dengan signifikasi 5% adalah 0,000. Didapatkan ttabel(0,05/2)(68)=1,998, jadi nilai thitung>ttabel dan nilai signifikannya
Download berkas