SKRIPSI

Penulis / NIM
SINTIYA MAHABU / 441418013
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. MARDJAN PAPUTUNGAN, M.Si / 0015026004
Pembimbing 2 / NIDN
NITA SULEMAN, S.T, M.T / 0021047306
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Leaning terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid di SMAN 1 Suwawa.Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Jenis penelitian ini termasuk quasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah Pretest-Postest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa XI IPA dengan sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 dengan teknik pengambilan sampel adalah sample random sampling.Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Leaning terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid penulis memberikan tes dalam bentuk essay sebanyak 5 butir soal yang telah diuji validitas dan reliabilitas.Pada penelitian ini pengujian hipotesis menggunakan uji t. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung = 7.7 > 1,67649 yang dimana H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Leaning terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011