SKRIPSI

Penulis / NIM
LISTIORINI ARBANGKA / 441418014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr WENY J.A MUSA, M.Si / 0022086611
Pembimbing 2 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Abstrak
LISTIORINI ARBANGKA. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Formulate, Share, Listen And Create (FSLC) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Larutan Penyangga di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kabila. Program Studi Pendidikan Kimia. Pembimbing 1 : Prof. Dr. Weny J.A. Musa, M.Si. Co-Pembimbing 2 : Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Formulate, Share, Listen, and Create (FSLC) terhadap hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan larutan penyangga di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kabila. Penelitian menggunakan metode eksperintal dengan rancangan penelitian menggunakan Design Randomized Control Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian sebanyak dua kelas diperoleh dengan teknik Cluster Random Sampling yang terdiri dari kelas eksperimen sebanyak 35 siswa dan kelas kontrol sebanyak 35 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Formulate, Share, Listen, and Create (FSLC) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi larutan penyangga di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kabila dengan hasil yang diperoleh pada kelas kontrol pada pretest sebesar 37,29% dan posttest sebesar 75,00%, sedangkan hasil yang diperoleh dari kelas eksperimen pada pretest sebesar 37,57% dan posttest sebesar 80,00%. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Formulate, Share, Listen, and Create (FSLC), Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011