Penulis / NIM
LISTIORINI ARBANGKA / 441418014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr WENY J.A MUSA, M.Si / 0022086611
Pembimbing 2 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Abstrak
LISTIORINI ARBANGKA. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Formulate, Share, Listen And Create (FSLC) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Larutan Penyangga di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kabila. Program Studi Pendidikan Kimia. Pembimbing 1 : Prof. Dr. Weny J.A. Musa, M.Si. Co-Pembimbing 2 : Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Formulate, Share, Listen, and Create (FSLC) terhadap hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan larutan penyangga di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kabila. Penelitian menggunakan metode eksperintal dengan rancangan penelitian menggunakan Design Randomized Control Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian sebanyak dua kelas diperoleh dengan teknik Cluster Random Sampling yang terdiri dari kelas eksperimen sebanyak 35 siswa dan kelas kontrol sebanyak 35 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Formulate, Share, Listen, and Create (FSLC) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi larutan penyangga di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kabila dengan hasil yang diperoleh pada kelas kontrol pada pretest sebesar 37,29% dan posttest sebesar 75,00%, sedangkan hasil yang diperoleh dari kelas eksperimen pada pretest sebesar 37,57% dan posttest sebesar 80,00%.
Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Formulate, Share, Listen, and Create
(FSLC), Hasil Belajar
Download berkas