Penulis / NIM
CINDY / 441418018
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Pembimbing 2 / NIDN
NITA SULEMAN, S.T, M.T / 0021047306
Abstrak
Cindy. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Disertai Mind Map Pada Materi Hidrolisis Garam Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kabila. Program Studi Kimia. Pembimbing 1: Drs. Mangara Sihaloho M.Pd. Pembimbing 2: Nita Suleman S.T., M.T.
Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing disertai mind map terhadap hasil belajar kimia siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango Tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian quasieksperiment dengan desain control group pretest posttest. Sampel diambil dengan cara non-probability sampling jenis Purposive sampling yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 35 orang dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda sebanyak 25 soal. Analisis statistik data dilakukan dengan menggunakan uji-t pada taraf kesalahan 5%. Analisis statistik hasil belajar peserta didik menunjukkan bahwa thitung> ttabel����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¬����¯�¿�½���¯���¿���½������¯������¿������½����¯�¿�½���¯���¿���½����¯�¿�½������¬ atau 2,16 > 1,99 sehingga Ho ditolak danHa diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing disertai mind map pada materi hidrolisis garam terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kabila.
Kata Kunci: inkuiri terbimbing, mind map, hidrolisis garam, hasil belajar.
Download berkas