Penulis / NIM
SRI RAHAYU LATIF / 441418020
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
JULHIM S TANGIO, S.Pd, M.Pd / 0028087508
Pembimbing 2 / NIDN
WIWIN REWINI KUNUSA, S.Pd., M.Si / 0008117006
Abstrak
Sri Rahayu Latif. 2022. â�Å"Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Perhitungan pH Hidrolisis Garam SMA Negeri 1 Limbotoâ�Â. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing 1 Julhim S. Tangio, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Wiwin Rewini Kunusa, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Materi Perhitungan pH Hidrolisis Garam SMA Negeri 1 Limboto pada Mei 2022. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Semester Genap tahun 2022. menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar siswa sebelum pembelajaran (pre-test) dan setelah pembelajaran (post-test). Hasil uji validitas tes menunjukkan bahwa 15 soal valid hasil reliabelitas tes adalah hasil reliabel sebesar 0,892 tergolong dalam kategori tinggi. Hasil analisis data menggunakan statistik uji â�Ât�diperoleh nilai thitung = 4,776 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 (dk= 48) adalah 1,67, maka nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel, sehingga Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perhitungan pH Hidrolisis Garam.
Kata Kunci : Pembelajaran POE, Hasil Belajar, pH Hidrolisis Garam
Download berkas