Penulis / NIM
HADIJA S. YASIN / 441418021
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. LUKMAN ABDUL RAUF LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
WIWIN REWINI KUNUSA, S.Pd., M.Si / 0008117006
Abstrak
HADIJA S YASIN. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Media Fotonovela Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Pemanasan Global. Program Studi Pendidikan Kimia. Pembimbing 1 : Dr. Lukman A.R . Laliyo, M.Pd., M.M. Pembimbing 2 : Wiwin Rewini Kunusa, S.Pd., M.Si
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh pada kemampuan pemecahan masalah siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek dengan media fotonovela pada materi pemanasan global. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen pre-posttest control grup. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes pilihan ganda untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa. Populasi yang diambil pada penelitian ini siswa kelas VII SMP Negeri Bongomeme. Sampel yang digunakan sebanyak 50 siswa yakni, 26 siswa kelas eksperimen dan 24 siswa kelas kontrol. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pemodelan Rasrh dan aplikasi SPSS 16.0 yaitu pengujian hipotesis dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukam bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dengan media fotonovela terhadap kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pemanasan global yang dibuktikan dengan hasil nilai signifikan < 0.05, yaitu pada kelas eksperimen nilai signifikan sebesar 0.00 dan dikelas kontrol nilai signifikan sebesar 0.00
Kata kunci: Berbasis Proyek, Fotonovela, Pemecahan Masalah
Download berkas