Penulis / NIM
WA ODE YUSMAWATI / 441418022
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. LUKMAN ABDUL RAUF LALIYO, M.Pd., MM / 0024116903
Pembimbing 2 / NIDN
LA ALIO, S.Pd, M.Si / 0027047505
Abstrak
ABSTRAK
WA ODE YUSMAWATI. 2022. Evaluasi Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI Pada Materi Hidrolisis Garam Dengan Menggunakan Model Rasch Bentuk Tes Two-Tier Multiple Choice. Program Studi Pendidikan Kimia. Pembimbing 1 : Dr. Lukman A.R. Laliyo, M.Pd, M,M. Pembimbing 2 : La Alio S.Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas instrumen dan mengukur kemampuan pemahaman konseptual siswa pada materi hidrolisis garam menggunakan tes diagnostic two-tier multiple choice. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif menggunakan survei, Data diperoleh melalui empat belas item tes pilihan ganda dua tingkat soal hidrolisis garam, yang dikerjakan secara tertulis oleh 231 Peserta didik di SMA Gorontalo. Dalam menganalisis data dibantu dengan menggunakan pemodelan Rasch. Model Rasch adalah untuk mengonversi data mentah menjadi data interval, digunakan perangkat lunak model WINSTEP versi 3.73. Analisis pola respon item tes diagnostic ini dilakukan dalam dua tahap, yaitu mengubah skor mentah mejadi ukuran interval yang sama, sekaligus menganalisis efektivitas instrumen pengukuran dan mendiagnosis miskonsepsi melalui estimasi pola respon item siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman konsep siswa terhambat dikarenakan siswa cenderung mengalami miskonsepsi.
Kata Kunci: Pemahaman Konseptual, Model Rasch, Hidrolisis Garam
Download berkas