Penulis / NIM
SUMITRO HIDA / 441418024
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRID PIKOLI, S.Pd., M.Pd / 0014087301
Pembimbing 2 / NIDN
Drs MANGARA SIHALOHO, M.Pd / 0012086608
Abstrak
ABSTRAK
SUMITRO HIDA, 2022.Pengaruh Strategi PQ4R dengan Teknik Mind Mapping terhadap Hasil Belajar dan Retensi Materi Larutan Penyangga pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Kabila. Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia. Pembimbing I: Dr. Masrid Pikoli, M.Pd dan Pembimbing II :Drs. Mangara Sihaloho, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi PQ4R dengan teknik mind mapping terhadap hasil belajar dan retensi materi larutan penyangga pada siswa kelas XI IPA SMAN 1 Kabila. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan bentuk desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Kabila yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol masing masing 1 kelas. Kelas eksperimen mengunakan strategi pembelajaran PQ4R dengan teknik mind mapping dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional atau pembelajaran secara langsung. Hasil penelitian menjawab bahwa pada post-test hasil belajarkelas ekperimen mendapat nilai rata-rata 75,9 lebih tinggi dari kelas kontrol dengan nilai rata-rata 58,7 dan pada re-test nilai rata-rata kelas ekperimen 62,7 dan kelas kontrol 43,3. Data perhitungan kuat retensi, kelas eksperimen 84% dan kelas kontrol 74%. Uji Statistik hipotesis berdasarkan perhitungan diperoleh nilai t hasil belajar sebesar 7,223 pada taraf signifikan 5% dan nilai t retensi sebesar 6,331 pada taraf signifikan 5%. Kriteria pengujian menunjukan bahwa thitung>ttabel dengan kesimpulan terdapat pengaruh strategi PQ4R dengan teknik mind mapping terhadap hasil belajar dan retensi siswa.
Kata Kunci: Strategi PQ4R, mind mapping, hasil belajar, retensi, larutan penyangga.
Download berkas