Penulis / NIM
WAHYUNINGRUM ISTIQOMAH / 441418028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN KIMIA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRID PIKOLI, S.Pd., M.Pd / 0014087301
Pembimbing 2 / NIDN
LA ALIO, S.Pd, M.Si / 0027047505
Abstrak
ABSTRAK
WAHYUNINGRUM ISTIQOMAH, 2022. Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Suwawa Dan SMA Negeri 1 Kabila pada Materi Hidrolisis Garam. Skripsi Program Studi Pendidikan Kimia. Pembimbing I : Dr. Masrid Pikoli, M.Pd dan Pembimbing II : La Alio, S.Pd., M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Suwawa dan SMAN 1 Kabila pada materi hidrolisis garam, secara keseluruhan sampel berjumlah 243 peserta didik. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif, Penelitian ini mengukur kemampuan literasi sains dengan menggunakan instrument Test of Scientific Literacy Skills (TOSLS). Soal-soal literasi yang akan digunakan dalam penelitian ini berjumlah 20 butir soal pilihan ganda. Hasil Penelitian menunjukan bahwa perolehan data pada hasil kemampuan literasi sains peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Suwawa dan SMAN 1 Kabila secara keseluruhan berada pada kategori rendah dengan persentase sebesar 33,53% untuk SMAN 1 Suwawa sedangkan SMAN 1 Kabila sebesar 30,44%. Adapun persentase dari beberapa aspek literasi sains peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Suwawa pada aspek konteks sebesar 30,2%, aspek pengetahuan 37,2%, aspek kompetensi sebesar 33,8% dan aspek sikap sebesar 32,92%, dan persentase dari SMAN 1 Kabila pada aspek konteks sebesar 37,8%, aspek pengetahuan 27,6% aspek kompetensi sebesar 34,8% dan aspek sikap sebesar 21,54%, keempat aspek tersebut baik pada SMAN 1 Suwawa maupun SMAN 1 Kabila masih berada pada kategori rendah
Kata Kunci: literasi sains, test of scientific literacy skills (tosls), hidrolisis garam
Download berkas